Beranda DAERAH Jembatan Mahkota 2 Samarinda Bergeser Akibat Abrasi

Jembatan Mahkota 2 Samarinda Bergeser Akibat Abrasi

Jembatan Mahkota 2
Jembatan Mahkota 2 di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami pergeseran ke arah kanan. Hingga kini akses menuju jembatan tersebut ditutup untuk semua jenis kendaraan.

“Saya nyatakan mulai pukul 13.00 Wita, menutup akses jembatan untuk semua jenis kendaraan apapun,” ujar Wali Kota Samarinda Andi Harun di Jembatan Mahkota 2, Samarinda, Senin (26/4/2021).

Hingga saat ini tim ahli masih menyelidiki sebab jembatan Mahkota 2 bergeser. Namun di sekitar konstruksi jembatan sempat terjadi abrasi.

“Dari pihak konsultan menyebut ada pergeseran plyon jembatan ke kanan sebanyak 7 mm, dan turun kebawah 33 mm,” jelasnya.

Andi Harun juga menyampaikan bahwa pihaknya masih belum mau berspekulasi terkait pergeseran plyon jembatan diakibatkan abrasi yang terjadi pada pekan lalu, atau disebabkan oleh hal lain.

“Biarkan tim-tim yang sudah kami tunjuk melakukan penelitian terkait gesernya jembatan Mahakam 2 ini, apakah karena adanya kegiatan proyek atau hal lainnya,” ungkapnya.

Belum diketahui hingga kapan jembatan tersebut ditutup. “Yang jelas sampai ada pengumuman keadaan baru, jembatan baru bisa kita buka,” pungkasnya.