Beranda SOSOK Ulama Makassar Meninggal di Mimbar Saat Ceramah

Ulama Makassar Meninggal di Mimbar Saat Ceramah

Ulama Makassar
Ulama Makassar, KH Ruddin Emang meninggal saat ceramah beredar dalam rekaman sebuah video dan kini tengah viral di media sosial. Pada video berdurasi 45 detik itu, terlihat ulama yang cukup terkenal di Kota Makassar itu tumbang dan tak sadarkan diri.

Kemudian ulama Makassar itu dipapah sejumlah orang. Peristiwa yang cukup mengejutkan itu terjadi di Masjid Baiturrahman, Jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin siang (26/4/2021).

Ulama Makassar ini meninggal dunia saat sesi ceramah usai salat zuhur. Hal itupun dibenarkan oleh Wakil Ketua Muhammadiyah Makassar, Said Abdul Samad. Ruddin meninggal saat mengisi ceramah di masjid milik Muhammadiyah itu.

“Itu waktu isi ceramah salat zuhur meninggal. Di tengah ceramah beliau langsung jatuh,” kata Said.

Said mengatakan kabar duka itu dia ketahui dari informasi sesama pengurus Muhammadiyah. Informasi disertai dengan rekaman video yang beredar. “Makanya kalau kita lihat sama persis kejadiannya dengan yang di dalam video itu,” ujar Said.

Said mengungkaapkan, bahwa almarhum hingga saat ini masih menjabat sebagai dewan penasehat pimpinan cabang Muhammadiyah Wilayah Tello Baru, Panakkukang, Kota Makassar.

“Beliau memang juga adalah sesepuh sebagai pengurus di masjid di situ,” kata Said.

Namun, Said mengatakan dia belum menerima informasi penyebab almarhum meninggal.

KH Ruddin Emang berusia lebih dari 70 tahun. Jenazah sudah dibawa ke rumah duka yang tidak jauh dari Masjid Baiturrahman.

Selain ulama Muhammadiyah, KH Ruddin Emang juga dikenal sebagai pensiunan dosen. Dia pernah mengajar di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Almarhum menyusul istrinya yang meninggal lebih dulu, satu bulan lalu.