Beranda INFO SEHAT Mau Olahraga saat Puasa? Ini Tipsnya

Mau Olahraga saat Puasa? Ini Tipsnya

olahraga puasa ramadan

Olahraga menjadi rutinitas penting yang harus dilakukan jika Anda ingin menjaga tubuh tetap sehat. Lalu bagaimana dengan rutinitas olahraga di bulan Ramadan? Apakah memungkinkan untuk tetap berolahraga selama berpuasa? Tentu saja bisa! Ada beberapa tips olahraga saat puasa yang bisa Anda terapkan sehingga tubuh tetap sehat dan ibadah lancar.

6 Tips Mudah Tetap Rajin Olahraga saat Puasa Ramadan

Berolahraga di saat puasa memang tak bisa dilakukan asal-asalan. Salah langkah justru bisa membuat tubuh Anda dehidrasi dan lemas. Agar tetap bisa berolahraga dengan lancar tanpa mengganggu ibadah, maka ada beberapa poin penting yang harus dilakukan. Berikut ini adalah 6 tips mudah tetap rajin olahraga meskipun sedang berpuasa Ramadan:

1. Pilih Waktu Olahraga yang Tepat

Tips pertama, pilihlah waktu yang tepat untuk berolahraga. Tentunya waktu olahraga ini harus disesuaikan dengan waktu sahur dan berbuka. Sebaiknya jangan berolahraga di jam-jam produktif misalnya di jam 10 pagi ke atas atau di tengah hari. Tubuh Anda punya potensi lebih besar untuk merasa haus dan lapar di jam-jam tersebut.

Sangat disarankan untuk berolahraga 30 sampai 60 menit sebelum waktu berbuka. Jika tidak memungkinkan maka Anda bisa melakukan olahraga di waktu malam setelah berbuka puasa. Lebih baik kenali dulu kondisi tubuh Anda agar bisa memilih waktu olahraga saat puasa yang paling tepat tanpa mengganggu ibadah.

2. Lakukan Olahraga yang Tepat

Tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan di saat puasa. Anda sebaiknya lebih selektif lagi memilih kegiatan olahraga apa yang bisa dilakukan tanpa mengganggu ibadah puasa. Sangat disarankan untuk melakukan jenis olahraga dengan intensitas yang ringan sampai sedang. Misalnya saja jogging, bersepeda santai, yoga, dan pilates.

Kembali lagi pada kemampuan masing-masing karena setiap orang punya stamina tubuh yang berbeda-beda. Sangat disarankan untuk mengenali kemampuan diri sendiri sebelum mulai berolahraga. Pastikan bahwa jenis olahraga yang dipilih memang sesuai dengan kapasitas diri dan tidak mengganggu ibadah.

3. Perhatikan Asupan Makanan yang Dikonsumsi

Penting untuk dicatat bahwa aktivitas olahraga harus diimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Jika di bulan-bulan lain Anda bisa sarapan sebelum atau sesudah olahraga maka lain halnya saat Ramadan tiba. Anda harus memperhatikan betul berapa banyak kalori yang sudah dikonsumsi dan nutrisi makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh.

Saat sahur misalnya, pastikan Anda memenuhi kebutuhan kalori tubuh dengan baik. Selain itu perhatikan juga apa saja jenis nutrisi yang sudah Anda konsumsi. Pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan gizi yang lengkap dan seimbang di waktu sahur serta berbuka. Ini akan membantu tubuh Anda mendapatkan energi yang mencukupi untuk berolahraga meskipun sedang berpuasa.

4. Perhatikan Kecukupan Cairan Tubuh

Tips olahraga saat puasa berikutnya adalah perhatikan baik-baik kecukupan cairan tubuh Anda. Dehidrasi merupakan masalah klasik di bulan Ramadan. Apalagi jika Anda termasuk tipe orang yang aktif berkegiatan dan berolahraga selama Ramadan. Penting sekali untuk memastikan bahwa tubuh mendapatkan cairan yang memadai agar terhindar dari dehidrasi.

Lalu bagaimana caranya mencukupi kebutuhan cairan tubuh di bulan puasa? Anda bisa memanfaatkan waktu antara buka dan sahur untuk minum sebanyak mungkin air. Buatlah jadwal minum air putih agar Anda bisa mendapatkan cukup cairan selama bulan puasa. Jika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan baik maka akan jauh lebih mudah untuk olahraga saat berpuasa.

5. Buat Batasan Waktu Olahraga

Anda juga sangat disarankan untuk membuat batasan waktu saat berolahraga. Tentu saja aktivitas olahraga di bulan Ramadan tidak bisa disamakan dengan bulan-bulan lainnya. Jangan memaksa diri untuk berolahraga terlalu lama. Apalagi jika Anda melakukan olahraga saat puasa untuk menurunkan berat badan, sebaiknya jangan terlalu ambisius dan berlebihan.

Paling tidak Anda bisa berolahraga selama 30 sampai 60 menit. Lebih dari itu tubuh Anda mungkin akan lemas dan dehidrasi. Namun perlu diingat kembali bahwa setiap orang punya kemampuan fisik yang berbeda-beda. Jika Anda mampu berolahraga lebih lama lagi maka tak masalah asalkan tidak mengganggu ibadah puasa.

6. Gunakan Perlengkapan yang Nyaman

Tips lain agar Anda bisa lancar berolahraga selama bulan Ramadan adalah gunakan perlengkapan yang nyaman. Jika peralatan yang digunakan nyaman maka tubuh juga pasti lebih bersemangat untuk olahraga. Misalnya saja baju dan sepatu olahraga yang harus dipilih sebaik mungkin supaya terasa nyaman di tubuh. Pilihlah produk sepatu dari Puma yang bisa memberi kenyamanan optimal saat berolahraga.

Beli Sepatu Olahraga di Blibli

Kini Anda bisa mendapatkan produk sepatu olahraga yang nyaman dan berkualitas di Blibli. Blibli merupakan platform e-commerce yang berkualitas dan bisa diandalkan. Melalui platform ini Anda bisa menemukan banyak sekali pilihan produk termasuk sepatu untuk olahraga. Sepatu dari brand Puma juga bisa Anda temukan dengan mudah melalui Blibli.

Melalui Blibli, Anda bisa belanja dengan mudah dan hemat waktu. Cukup dengan mengakses website Blibli atau langsung masuk ke aplikasi mobile-nya. Dalam satu genggaman tangan ada banyak pilihan produk yang bisa Anda lihat. Jangan lupa, gunakan juga beragam jenis promo menarik yang ditawarkan oleh Blibli agar belanja jadi jauh lebih hemat.

Ingat, terapkan tips olahraga saat puasa yang sudah dibahas tadi. Setelah membekali diri dengan sepatu olahraga terbaik dan perlengkapan lainnya, Anda bisa segera merencanakan jadwal olahraga. Pastikan bahwa jadwal olahraga ini sudah sesuai dengan kemampuan tubuh dan tidak akan mengganggu kelancaran ibadah Anda.

Artikulli paraprakAnggaran Jumbo untuk Pemilu Tidak Demokratis
Artikulli tjetërPengetap BBM Bersubsidi yang Diduga Menyebabkan Kebakaran di Sungai Pinang Ditahan Polisi